Tahun Ini Target PAD Disbudpar Kudus Naik Jadi Rp 4 Miliar

KUDUS, Lingkarjateng.id – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus menargetkan capaian pendapatan asli daerah (PAD) pada 2024 ini sebesar Rp 4 miliar.

“Kami targetkan PAD tahun ini bisa mencapai Rp 4 Miliar,” ucap Kepala Disbudpar Kabupaten Kudus, Mutrikah belum lama ini.

Ia mengatakan target PAD tahun ini lebih besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 2,94 miliar. Kendati demikian, kata Mutrikah, pihaknya optimis target PAD tahun ini bisa tercapai.

Mutrikah mengaku, pihaknya telah menyiapkan sejumlah upaya dan strategi agar bisa mencapai target PAD tahun ini. Di antaranya seperti melakukan penataan terhadap tempat-tempat wisata yang dikelola Disbudpar Kabupaten Kudus.

“Kalau sudah kita tata dengan baik, kemungkinan besar ke depan juga untuk target PAD bisa tercapai,” ungkapnya.

Menurutnya, jika target PAD bisa tercapai dengan optimal, nantinya perkembangan pembangunan di Kabupaten Kudus bisa ikut meningkat. Mengingat, PAD yang diterima nantinya digunakan untuk melakukan pembangunan di wilayah setempat.

“Kalau target PAD bisa tercapai, nanti pembangunan di Kabupaten Kudus bisa lebih baik lagi,” tandasnya.

Sebagai informasi, capaian PAD Disbudpar Kabupaten Kudus pada tahun sebelumnya mencapai Rp 3,19 Miliar.

Capaian pendapatan ini di antaranya diperoleh dari kunjungan para wisatawan ke Kota Kretek. Terutama kunjungan ke tempat-tempat wisata yang dikelola oleh Disbupar Kabupaten Kudus.

Contohnya yakni wisata Museum Situs Purbakala Patiayam, Museum Kretek hingga sejumlah tempat wisata yang berada di Desa Colo, Kecamatan Dawe.

Untuk meningkatkan PAD, Disbudpar Kabupaten Kudus juga menggencarkan promosi melalui media sosial maupun pameran.

“Kami terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Kudus,” tukasnya. (Lingkar Network | Nisa Hafizhotus Syarifa – Lingkarjateng.id)