Setelah Bahas Pemilu Dengan Anies, Surya Paloh Penuhi Panggilan Jokowi

Jakarta, LINGKAR – Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim menjelaskan bahwa pertemuan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu, 18 Februari 2024 untuk memenuhi undangan makan malam.

“Kehadiran Ketua Umum Partai NasDem Pak Surya Paloh di Istana Negara adalah memenuhi undangan makan malam Presiden Jokowi,” ujar Hermawi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Hermawi kembali mengatakan bahwa kehadiran Surya Paloh ke Istana adalah sebatas memenuhi undangan presiden jokowi, bukan meminta waktu untuk bertemu secara khusus.

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana membenarkan adanya pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

“Ya, betul. Presiden menerima Bapak Surya Paloh malam ini di Istana Merdeka,” kata Ari melalui pesan singkat ketika dikonfirmasi pada Minggu malam.

Dia menjelaskan bahwa pertemuan itu bermula dari permohonan Surya Paloh untuk menghadap Jokowi.

Sebagai tanggapan atas permohonan tersebut, ujar dia, Presiden Jokowi mengalokasikan waktunya pada Minggu malam untuk menemui Paloh di Istana Merdeka, Jakarta.

“Pertemuan sudah selesai, (tadi berlangsung) sekitar satu jam,” kata Ari.

Belum diketahui apa pembicaraan antara Surya dengan Jokowi dalam pertemuan itu.

Pertemuan ini ditengarai pertama kali dilakukan Jokowi dengan Surya Paloh usai penyelenggaraan Pemilu 2024.

Adapun berdasarkan informasi yang dihimpun LINGKAR, Surya Paloh sebelumnya mengadakan pertemuan dengan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan pada Jumat (16/2).

Anies mengatakan pertemuannya dengan Surya Paloh untuk membahas fakta-fakta terkait Pemilu.

“Kami diskusi tentang perkembangan, saling mencocokkan pandangan,” katanya di Jakarta, Jumat (16/2).

NasDem, partai yang dipimpin Paloh, merupakan salah satu anggota koalisi pengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies-Muhaimin Iskandar. ( Rara – Lingkar.news )